Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 25 Februari 2012

Lokalatih Perubahan Iklim dan REDD+


Putusibau,Borneoclimatechange.org. Perubahan iklim merupakan salah satu isu utama yang ditangani oleh masyarakat dunia. Karena dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat belahan dunia seperti, bencana banjir dan kekeringan. Kerusakan kawasan hutan merupakan salah satu penyebabnya. Untuk mengatasi kerusakan tesebut salah satu program yang sedang dikembangkan adalah skema REDD.
 
FFI dan RMI(Rimbawan Muda Indonesia),mengadakan kegiatan sosialisasi/Lokalatih Perubahan Iklim dan REDD di Putussibau Kab. Kabupaten Kapuas Hulu Prov. Kalimantan Barat (19- 20 Pebruari 2012). Tujuan kegiatan ini adalah: Memberi pemahaman pada masyarakat tentang perubahan  iklim dan skema REDD. Peserta berjumlah 30 orang terdiri dari desa  yang sudah mengusulkan hutan desa. yaitu Desa Piasak Kec. Selimbau, Desa Jongkong Kiri Hilir dan Desa Ujung Said kec. Jongkong, Desa Nanga Betung Kec Boyan Tanjung, Desa Buak Limbang Kec. Pengkadan dan Desa Manua Sadap Kec. Embaloh Hulu,  Bappeda, Lingkungan Hidup, Distannak, BPMD, DPMU-Disbunhutbun, kemudian beberapa NGO seperti WWF dan GIZ-forclime.
 
Kapuas Hulu merupakan Kabupaten  yang masih mempunyai kawasan hutan yang cukup luas sehingga perlu diselamatan. Dengan sosialisasi ini diharapkan bahwa masyarakat Kab.Kapuas Hulu ketika program REDD dilaksanakan, mereka  tidak kelabakan.
Menurut Eko Koordinator FFI Kapuas Hulu, materi dalam acara ini adalah: bagaimana cara mengajukan hutan Desa,  pemahaman tentang Perubahan Iklim, Mitigasi  dan  Adaptasi, serta informasi tentang Skema REDD. “Sosialisasi ini tidak khusus pelaksanaan program REDD, peluang REDD tetap merupakan peluang yang menjadi pilihan bagi masyarakat sendiri untuk mendapatkan atau tidak,terserah masyarakat.”Terang Eko,
“Memang daerah-daerah tersebut, belum tentu jadi DA REDD, kecuali  Sawan Belida, IUPHHK-RE memang kita rencanakan sebagai DA-REDD untuk skema voluntary market, dengan sosialisasi ini warga akan lebih siap menghadapinya program REDD jika diterapkan,”Harap Eko #

Sumber :

http://borneoclimatechange.org/berita-244-sosialisasi-perubahan-iklim-dan-redd-di-kab-kapuas-hulu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Komentar anda di sini....